Wednesday, June 1, 2016

Fashion Addiction: Plus-Size Clothing Shop in Indonesia

Berkaca pada sejumlah komentar yang gue peroleh di 'Being Plus-Size Woman: in Indonesia', banyak yang memberikan saran kepada gue seputar toko-toko yang menjual pakaian untuk wanita bertubuh besar. Pada tulisan gue itu, memang gue mengungkapkan salah satu kesulitan menjadi wanita plus-size di Indonesia adalah memperoleh pakaian yang tidak hanya cukup di tubuh tapi juga tetap terlihat stylist. So, i guess it's kinda important to help fellow plus-size woman in Indonesia for that problem by give you some references where to shop. Because i do believe, plus-size woman can be fashionable! Oh ya, semua toko yang gue jadikan referensi di sini belum tentu semuanya sudah gue datangi dan berbelanja di sana ya.

(ps: kalau kamu terlalu malas untuk banya postingan ini, I made a video about it on my youtube channel, check it out!)


Gue akan membagi dua kategori dalam tulisan ini, yang pertama adalah offline shop a.k.a. toko-toko fisik yang bisa kita langsung datangi untuk mencari baju yang sesuai. Dan yang kedua adalah online shop.

OFFLINE SHOP

  1. XtoX Plus Size Clothing: Toko ini adalah salah satu andalan gue dan nyokab dalam mencari pakaian berukuran besar. Untuk atasan, gue pribadi merekomendasikan bagi mereka yang ingin berpenampilan formal ke kantor, kampus, atau ke pesta. Favorite gue setiap masuk ke toko ini adalah mencari bawahan, umumnya adalah celana berbahan stretch. Selain pakaian, toko ini juga menawarkan sejumlah aksesoris seperti sepatu, kalung, bros, dan sebagainya. Size-nya sampai 8X. Jika tertarik, kalian bisa main-main ke salah satu outletnya di Pondok Indah Mall, tepatnya di south skywalk. Untuk outlet lain, ada di Mall Taman Anggrek dan Mall Artha Gading. Oh ya, XtoX juga melayani pemesanan secara online. Informasi lebih lanjutnya, langsung aja ke website mereka ya: http://xtoxplus.com/ 
  2. My Size: Menurut gue, pakaian yang ditawarkan di My Size gak jauh berbeda dengan XtoX, at least according to my last visit years ago. Items yang kerap gue beli di store ini adalah kemeja dan celana legging. Oh ya, My Size sering mengadakan kegiatan pencarian model untuk brand mereka loh! Cocok banget nih buat yang ingin menantang diri sendiri untuk lebih percaya diri. My Size juga bisa dilihat koleksinya secara online lewat website mereka http://mysizestore.com/
  3. Warehouse: Toko ini adalah factory outlet, alias produk-produk yang dijual adalah hasil dari pabrik yang tidak masuk kualifikasi bagus untuk dijual di toko masing-masing. Di toko yang berlokasi di wilayah SCBD, Jakarta, ini menyimpan segudang koleksi Zara, H&M, dan berbagai brand ternama lainnya. Untuk harga? terjangkau! Mulai dari Rp 75.000,-. Biasanya, gue ke sini untuk mencari kemeja untuk kuliah dan celana formal yang sometimes terlalu mahal untuk dibeli di Mall.
  4. New Look: My favorite shop ever!!! Selain tersedia pakaian dan celana hingga size 24, koleksinya cocok buat wanita muda, just like me :p. Hanya di New Look, gue bisa menemukan high waist pants for my size (16-18)! Selain pakaian, New Look juga menjual berbagai aksesoris pelengkap, mulai dari sepatu, tas, perhiasan, hingga scraf. Secara harga, menurut gue relatif masuk akal untuk sebuah brand internasional yg menyediakan pakaian untuk tubuh besar.  
  5. H&M: Mungkin akan ada banyak  yang bingung kenapa toko ini masuk dalam referensi gue, mengingat H&M lebih identik dengan pakaian untuk wanita (dan pria) dengan tubuh ideal. Well, sebenarnya mereka juga punya sejumlah pakaian berukuran besar loh. Kuncinya adalah jangan pernah nyerah begitu aja. Mungkin size besar di H&M tidak sampai size 24, tetapi buat yang berukuran 10-20, masih ada sejumlah pakaian yang bisa digunakan kok :)
  6. Cotton On: Brand yang berasal dari Australia ini gue kenal sejak belanja sepatu di Singapore tahun 2012 silam. Pas tau kalau akhirnya mereka buka store di Jakarta, gue gak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk berbelanja di sini. Hal yang paling gue suka dari Cotton On adalah promo yang gak ada habisnya. Gue bisa mendapatkan dua items dengan harga satu items! Best buy gue adalah long t-shirt karena masuk dalam promo Buy1 Get 2, plus size-nya pas di tubuh gue. Size terbesar kalau gue gak salah adalah L, yang kalau ngikutin US Size chart bisa untuk size 16-18, like mine. 
Kalau melihat lima offline store pilihan gue, tiga diantaranya adalah toko pakaian yang dikenal hanya untuk mereka yang bertubuh 'normal' saja. Kunci utama ketika masuk ke toko-toko seperti H&M, New Look, atau Forever 21, adalah sabar mencari dan berani mencoba karena sebetulnya mereka punya ukuran besar, hanya saja seringkali terpencil. 

ONLINE SHOP


Belanja via online emang terasa lebih mudah, terutama buat para plus-size women yang gak tinggal di kota-kota besar. Gue pribadi terbilang cukup jarang belanja pakaian secara online karena selalu khawatir gak muat. Untuk mempermudah belanja pakaian online, gak ada salahnya kamu mempersiapkan alat pengukur pakaian di rumah dan pastikan buat bertanya ke penjual detail ukuran pakaiannya. Bisa jadi size XXL versi kamu itu adalah versi L-nya si online shop, so lebih baik pastikan kamu mendapatkan data tentang lingkar dada, paha, dsb. 

  1. Ella es Bonita: Sejujurnya, gue sama sekali belum pernah berbelanja di online shop satu ini, mungkin karena size paling kecil yang mereka tawarkan masih termasuk besar untuk tubuh gue. Punya feed yang rapi jadi salah satu alasan gue mengikuti akun ini. Setiap pakaian yang mereka jual, dilengkapi sama informasi yang men-detail, mulai dari kode produk, warna, bahan, dan ukuran. Range harga mulai dari angka 200 ribu-an. Salah satu produk mereka yang ada di wishlist gue adalah ARTAFFECT ETHNIC CULLOTES dengan harga Rp 248.000,-. Oh ya, kebanyakan produk dari online shop ini harus pre-order, jadi wajib banget follow akunnya supaya tau produk terbaru dan kapan bisa pre-order ya :) 
  2. @Saiznya: Sama seperti Ella es Bonita, gue belum pernah berbelanja langsung di online shop ini. Yang membedakan online shop ini dengan yang sebelumnya adalah mereka juga menyediakan pakaian dalam berbagai ukuran. Kalau untuk style, produk-produk yang mereka jual memberikan kesan feminim lewat pemilihan warna, pattern, dan bentuk. Oh ya, online shop ini ga cuman ada di Instagram, tapi mereka punya website sendiri, yaitu www.saiznya.com. Di akun instagram mereka, setiap foto pakaian yang diunggah dilengkapi dengan size apa saja yang tersedia dan penjelasan dari masing-masing size-nya. Untuk harga, berkisar di Rp 200.000,- per baju.
  3. @Bssar_: Online shop basis Bandung satu ini punya design yang menyenangkan untuk di lihat. Pakaian yang mereka jual hanya terdiri dari satu size saja, dan pastinya berukuran super besar. I bought 'Off to Gym' oversized tee di toko ini dan langsung disukai sama salah seorang member di tempat fitness langganan gue. Range harganya dari Rp 200.000an, termasuk kurang friendly sama kantong gue tapi harga itu sepertinya masuk akal kok untuk local brand. Koleksi terbaru mereka, Phantasmagoria Series, bener-bener bikin gue jatuh hati karena beberapa pakaian menggunakan patches sebagai pemanis.
  4. @Euogirlstuff: Online shop yang baru aja gue temukan beberapa hari yang lalu ini menjual berbagai celana, mulai dari jogger pants, cotton pants, dan favorite gue...culottes! Harganya juga sangat sangat sangat terjangkau! Mulai dari Rp 35.000,- saja untuk ukuran standard. Gue beli kulot panjang ukuran XXXL cuma harus merogoh kocek Rp 92.000,- sudah termasuk ongkir dari Jakarta. Culottes tersebut masuk dalam list my very best buy! Adminnya juga termasuk ramah dan memberikan gue opsi kalau-kalau barang yang gue mau gak ada di pabrik. Untungnya saat gue beli culottes, warna yang gue mau tersedia dan hanya butuh 1 hari untuk sampai ke tangan gue.Online shop ini juga menyediakan size chart-nya kok, jadi tinggal ambil alat pengukur untuk tau culottes mana yang cocok buat kamu. Kalau gue perhatikan, produk yang ditawarkan bisa cukup sampai US Size 18-20.
Well, semoga review gue yang seadanya ini bisa membantu kalian yang sedang mencari pakaian berukuran besar ya ;) Feel free to share more about this with me :D

No comments:

Post a Comment